Rabu, 19 November 2008

6 Alasan kenapa kita mesti menyegerakan amal Shodaqoh/Infaq

AsWrWb,

Wan Kawan, ada 6 Alasan kenapa kita mesti menyegerakan amal Shodaqoh/Infaq:

  1. Capital Gain-nya fantastic ! up to 70,000 % !!

“perumpamaan orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah seumpama sebuah (1) biji yang menumbuhkan tujuh (7) tangkai, pada tiap-tiap tangkai itu berisi seratus (100) biji. Dan Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui” (QS:Al-Baqarah 261)

  1. Terhindar dari rasa takut dan kesedihan! Kalo sampeyan sering merasa was-was, harga kebutuhan hidup makin mahal maka banyak kriminalitas, takut harta di jambret,dimaling bahkan dirampok ? Shodaqoh solusinya:

“Orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak diiringinya apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberian dan yang menyakiti hati, mereka diberi pahala disisi Rabb mereka. Dan tidak ada ketakutan atas mereka dan mereka tidak berduka cita” (QS:Al-Baqarah 262)

  1. Menghapus sebagian kesalahan kesalahan yang pernah kita lakukan! Kita pasti pernah (sering?) berbuat salah dan melakukan dosa-dosa kecil semasa hidup ini, bersihkanlah itu semua dengan shodaqoh:

“Jika kamu nyatakan sedekah maka sedekah itu baik, dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka adalah lebih baik bagimu, dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS:Al-Baqarah 271)

  1. Shodaqoh itu pada hakekatnya bukan untuk siapa2, melainkan untuk diri kita sendiri, menghindarkan dari marabahaya dan aniaya! Ini sesuai dan selaras dengan point 2 diatas:

“….Dan apa saja yang kamu nafkahkan dari harta, maka kebaikannya adalah untuk diri kamu sendiri. Dan tidaklah kamu nafkahkan sesuatu melainkan karena mengharap ridho Allah. Dan apa saja yang kamu nafkahkan diantara hartamu, niscaya disempurnakan Allah balasannya kepadamu, sedang kamu tidak dianiaya.” (QS:Al-Baqarah 272)

  1. Bila tidak melakukannya, bisa dijamin kita bakal menyesal saat dipanggil menghadap Allah Ta’ala:

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang Kami berikan rezeki kepadamu sebelum kematian itu datang kepada seseorang diantara kamu, lalu dia berkata,”Ya Tuhanku, kenapa tidak Engkau tangguhkan kematianku barang sekejap saja, maka aku akan bersedekah dan jadilah aku orang-orang yang sholeh?” (QS:Al-Munaafiquun 10)

  1. Kalo masih berat juga untuk bershodaqoh karena takut hartanya berkurang, maka sebenarnya kita sudah kompromi sama Setan:

“ Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan, dan menyuruh kamu berbuat yang keji, sedangkan Allah menjanjikan kepadamu ampunan dan karunia dariNya. Dan Allah Maha Luas karuniaNya lagi Maha Mengetahui” (QS:Al-Baqarah 268)

Al-Haq min Allah.

Wassalam,

imam

Tidak ada komentar: