Senin, 20 Oktober 2008

IP Sosial


Kanca-kancaku kang dak-tresnani,
Saya sempat posting tentang modal sosial, kemudian kesalehan sosial, saat ini saya ingin posting tentang IP Sosial.
Apakah IP Sosial? Indeks Prestasi Sosial! Bukan... IP Sosial itu ya Ilmu Pengetahuan Sosial... alias IPS hehehe... soale bingung mau posting apa je.

Tapi gini, maksudnya, saya ingin sedikit menyapa teman-teman IPS (bukan bermaksud saya memunculkan dikotomi IPS-IPA..., biarkanlah istilah ini ada dan memang bagian dari perjalanan hidup kita... ceile...)

Blog dan milis ini, kalau cuma saya yang posting, bisa berubah menjadi personal blog, kan gak lucu Men! Untuk itu saya mengajak teman-teman semuanya... juga ikut meramaikan.. plz type one sentence for SMAGO'86 about anything..

Ayo teman-teman semuanya, khusuzon teman IPS, wabil khusus teman IPS....., hayo mas Umank, mas Agus Adri, mas Aji, mas Buang, Jeng Dewi Dyah, Jeng Nunik, Jeng Lilies, dan masih banyak lagi.. yg saya lihat sering online, buka email dan blog kita... ayo nulis...... Untuk posting cukup kirim email ke smago86@gombong.com.

Ayo "Bersama, Bersatu & Berbagi"




2 komentar:

zaenudin mengatakan...

Ass wr wb
Aku surprissed banget karo blog kiye, wis gakkenal karo wajah-wajah panjenengan, paling sing tek kenali mung Iyud karo Wahyu Pur. Ngapunten nggih bapa-bapak/ibu-ibu.
Mudah-mudahan bisa ikut gabung dikesempatan mendatang.
Salam
Zaenudin - Monodwipa

Anonim mengatakan...

Ass.Wr.Wb,

Lur Dulur, Alhamdulillah setelah menyimak pawarto & reportase temu kangen smago86 tiga minggu lalu dari lur dulur semua, kawulo bisa ikut merasakan kebahagiaan dan kesumringahan yang terpancar dari wajah2 dan tulisan2 yang terekam dlm blog smago86 yang kita banggakan ini. Applause & standing ovation untuk segenap wadya bala panitia yg telah bersusah payah untuk kesuksesan acara ini…Nampaknya semua itu dijalani dengan ringan hati karena didorong semangat paseduluran yang kental, pulen &bleketaket…semangat sperjuangan, ngudi ngelmu golek dalaning urip, guyub rukun bebarengan …rikolo semono….



Dalam setiap acara reuni, temu kangen atau semacamnya, selain bertaburan 3 rangkaian kata2 yang paling sering dikutip yaitu “saiki dadi opo” atau “saiki anake piro” “saiki omahe ngendi“ maka ada 3 rangkaian kata yang benar benar indah yaitu “Menyambung tali silaturahmi”, indah tidak saja dimata jalmo menungso namun juga indah ing ngarsaning Allah Ta’ala. Begitu pentingnya kalimat itu, maka saya ingin mencoba mengajak lur dulur semua ‘sedikit masuk’ kepada hakekat silaturahmi, sehingga kita paham kenapa hal ini begitu dianjurkan dalam Addin Al-Islam.



Banyak orang beranggapan bahwa silaturahmi itu ya datang, bertemu (karena 22 th gak bertemu lho!!) kemudian bersalam-salaman dan tanya keadaan ini itu dan lain sebagainya namun tidak meninggalkan bekas/amanah apa-apa. Memang yg demikian itu tadi masih termasuk silaturahmi juga, tapi….. dlm pengertian yang paling sederhana. Adapun silaturahmi yang “sangat dianjurkan” kepada umat Islam, yg memiliki fadilah/keutamaan yg besar adalah suatu bentuk kehidupan sosial yang satu sama lain menyampaikan amanat yang diwajibkan. Nash Al Quran mempunyai tuntunan agar ilmu sosial sangat ditekankan untuk menjadi bagian dari ibadah, QS-Ali Imron 110 :”Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…” lafazh khoirul ummah diayat ini hanya bisa dicapai dengan syarat harus bersosial, dan didalam bersosial itu Islam mempunyai tuntunan dan kemasan yang sangat rapi yaitu amar ma’ruf nahi munkar. Nash lain yang menjadi rujukan silaturahmi adalah QS-Al Ashr, anak2 kitapun insya Allah sudah hafal betul surah ini, walaupun ringkas namun sungguh tinggi sekali maknanya, ayat ke 3 mustahil bisa kita amalkan tanpa silaturahmi, Allah Ta’ala bersumpah demi waktu, bhw semua manusia pada hakekatnya dlm keadaan merugi, kecuali menetapi ayat yg ke 3 berikut :”Kecuali orang2 yg beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” intisari ayat 3 ini adalah iman,amal,dan da’wah yang menjadi satu paket bila kita tidak ingin termasuk golongan yg merugi. Adalah Da’wah, kegiatan paling mulia, kerjaan para nabi & rasul, media untuk menyampaikan risalah illahiah, mesti dibangun diatas tali silaturahmi yg terhubung, itu makanya Islam memandang tinggi dan mulia segala upaya untuk menyambung tali silaturahmi, seperti yg lur dulur semua upayakan melalui temu kangen smago86 kemarin, Four thumbs Up guys ..!!!



Dengan demikian, bila seorang alim bertemu, bersalaman dengan seorang peminum arak, dan tidak pernah disampaikan oleh yg alim bahwa minum arak itu haram, maka salaman itu tidak termasuk silaturahmi. Kalo kita cermati banyak ayat ayat Kauniyyah yg memberi teladan kepada kita perihal silaturahmi ini. Salah satu contoh yang menarik adalah fungsi Placenta terhadap Janin (kalo lupa boleh tanya Pak Setiono Hadi,guru Biologi kita dulu ??) Placenta bersilaturahmi dengan memberikan seluruh amanatnya kepada calon embrio / janin, dimana diantaranya adalah mengirim nutrisi, oksigen dan energy, termasuk pembentukan hormon dan sel darah. Disisi yang lain placentapun juga berfungsi menarik kembali sisa-sisa zat yg tak berguna agar janin tidak teracuni, dan membuangnya lewat ginjal bundanya.(Pak Wismal, pls feel free to make correction should you found any mistakes …)J



Well guys, masih merefer tulisan diatas, pertemuan smago86 kemarin apa ya tindak lanjutnya? Saya dulu pernah sounding untuk memikirkan apa yg bisa kita sumbangsihkan buat Gombong, tepatnya keluarga tidak mampu yg gigih berjuang untuk menyekolahkan anak2-nya. Adakah lur dulur semua yg sudah mencoba mengais data dan mengkoordinasikan hal ini? Maaf bila sy tidak bisa hadir pada temu kangen kemarin untuk menyampaikan ide ini karena memang keadaanlah yg tidak memungkinkan. Insya Allah untuk permulaan, kami bermaksud akan membiayai 10 anak asuh, dengan harapan lur dulur semua juga tergerak mengikutinya…ayo mainkan yuuk…mungkin Kang Untung & Kang Umang Cs yang sebagai the men on the ground to get it going ??



Al-Haq min Allah,



Wass.Wr.Wb

imam